Visi

Paramartha menjadi organisasi yang mampu mewartakan Islam sebagai Rahmatan lil-‘alamin melalui jalan pertaubatan dan penumbuhan fitrah diri.

Misi

Menempatkan setiap anggota untuk berkontribusi sesuai dharma-nya dan melakukan penataan di masyarakat melalui bidang-bidang urusan yang menjadi amanah-Nya.

Tujuh Sistem Tata Nilai

  1. Tauhidullah :: Paramartha membangun sistem semata-mata untuk mencari wajah-Nya (Mukhlisina lahuddin), bukan untuk tujuan kemasyhuran atapun kekayaan.
  2. Berjuang menuju Taqwa yang Haq :: Taqwa yang Haq merupakan perpaduan antara Iman dan Amal Shalih yang Haq. Oleh karena itu, setiap orang harus bekerja sesuai dengan dharma atau aspek langitnya.
  3. Kemisihidupan :: Penegasan terhadap Taqwa yang Haq dengan melakukan Amal Shalih secara berjamaah, atau setiap individu bekerja sesuai dengan dharmanya secara bersama-sama.
  4. Musyawarah bil Hikmah :: Proses membaca al-Haq harus melalui kaidah jasadi dengan mensyukuri akal secara kolektif terlebih dahulu sebelum memohon petunjuk Allah swt.
  5. Kesisteman Dharma :: Sistem yang dibangun oleh komponen-komponen yang berdharma harus berbasis pencarian kebenaran di dalam diri yang dilakukan secara natural dan tidak dipaksa-paksakan.
  6. Berbakti untuk Negeri :: Menolong urusan Mukmin lainnya melalui perannya masing-masing serta mengerjakan tugas yang diperintahkan kepada dirinya sendiri.
  7. Kemaslahatan Umat :: Keberkahan bagi lingkungan dan masyarakat karena manusia yang beragama secara benar dan dilakukan dalam sebuah sistem yang kolektif.